Kamis, 03 Maret 2011
The Question is "So You Want To Be A Writer?"
if it doesn't come bursting out of you
in spite of everything,
don't do it.
unless it comes unasked out of your
heart and your mind and your mouth
and your gut,
don't do it.
if you have to sit for hours
staring at your computer screen
or hunched over your typewriter
searching for words,
don't do it.
if you're doing it for money or fame,
don't do it.
if you're doing it because you want
women in your bed,
don't do it.
if you have to sit there and
rewrite it again and again,
don't do it.
if it's hard work just thinking about doing it,
don't do it.
if you're trying to write like
somebody else,
forget about it.
if you have to wait for it to roar out of
you,
then wait patiently.
if it never does roar out of you,
do something else.
if you first have to read it to your wife
or your girlfriend or your boyfriend
or your parents or to anybody at all,
you're not ready.
don't be like so many writers,
don't be like so many thousands of
people who call themselves writers,
don't be dull and boring and
pretentious, don't be consumed with self-
love.
the libraries of the world have
yawned themselves to sleep over your kind.
don't add to that.
don't do it.
unless it comes out of
your soul like a rocket,
unless being still would
drive you to madness or
suicide or murder,
don't do it.
unless the sun inside you is
burning your gut,
don't do it.
when it is truly time,
and if you have been chosen,
it will do it by
itself and it will keep on doing it
until you die or it dies in you.
there is no other way.
and there never was.
by Charles Bukowski
Just Chit chAt NothinG elsE
Kebanyakan dari kita mungkin tidak menyadari, bahwa dalam keseharian kita berinteraksi dengan menggunakan lebih dari satu paradigma secara simultan. Ambil contoh saat berkomunikasi menggunakan telpon selular. Kita saling telpon atau berkirim sms menggunakan paradigma decimal (1 sampai 10), setelah itu suara dan teks sms tersebut ditranfer dengan menggunakan paradigma biner (0 dan 1, atau on dan off). Lalu seandainya dalam percakapan tersebut kita membuat janji untuk bertemu pada satu hari tertentu (dengan menggunakan paradigma minggu 1 sampai 7), pada jam tertentu yg kita hitung berdasarkan paradigma lain yang juga berbeda (1 sampai 12), yang juga masih ditambah dengan paradigma biner (am atau pm). Perbedaan paradigma itu terasa wajar saja, malah menfasilitasi, mengakselerasi komunikasi.
Seperti diskusi2 selintas selama ini, berdasarkan ide (dugaan) yang dilontarkan oleh mas johannes bahwa dulunya science, art dan magi itu merupakan suatu kesatuan. Tidak dipermasalahkan dimana science bermula, dimana art berakhir dan dimana magi menghantui.Tidak ada sekat karena sekat-sekat tersebut yang justru membuat kita sekarang gagal memahami teknologi dan pencapaian peradaban di masa silam. Ambil contoh, kosmologi science semata apakah mampu menjelaskan mengenai bagaimana orang dulu bisa membangun sebuah candi yang bernama prambanan, bagaimana sebuah keris dapat memiliki kekuatan atau efek terhadap alam, atau bagaimana sebuah tarian bedoyo ketawang mampu menampilkan kesatuan gerak manusia dan alam.
Kalau saja kita bersedia untuk mengkaji secara langsung artefak-artefak luhur tersebut, tanpa mempermasalahkan sekat-sekat tersebut, mungkin sistem pengetahuan dan teknologi masa lampau tersebut bisa kita jangkau kembali, dan diaplikasikan sesuai konteks sekarang. Mengkaji artefak secara langsung mungkin harus dilakukan melalui dua cara. Satu, melepaskan terlebih dahulu judgemet dan presuposisi yang selama ini sering dilekatkan pada artefak-artefak budaya. misalnya label musrik, porno, chauvinistic, primitif. Kedua, sekat-sekat antara science, art dan magi perlu diangkat terlebih dahulu. Sesuatu disebut magi, sesuatu disebut mistik karena memang kebanyakan orang tidak memiliki pengetahuan mengenainya, ditambah lagi faktor bahwa pengetahuan tersebut memang saat ini sangat terbatas.
Back to the thing itself, pahami budaya sebagaimana adanya.
Kebanyakan orang justru sibuk meributkan mana yang kosmologi science, mana yang kosmologi magi, dan mana yang kosmologi art, dan pada titik ekstrem masing-masing harus menentukan teritorialnya sendiri-sendiri. Padahal justru itu jebakannya. Tokh..seperti ilustrasi tentang telpon seluler di atas, sebenarnya dalam prilaku komunikasi kita ternyata sangat mampu menggunakan sekian macam paradigma sekaligus. Ya kan?
..magic is the bastard sister of science (frazer)..
by diah
lelah
Kata itu yg sering hinggap di kepala ku akhir2 ini. Aku lelah melihat tingkah polah mereka. Aku lelah melihat kebohongan2 mereka.Aku lelah mereka2 topeng apa yg mereka pakai hari ini. Semua itu membuatku lelah dengan semua sandiwara yg mereka mainkan. Sandiwara yg penuh dengan kepura2an dan kemunafikan.
Tidak adakah lagi kejujuran, ketulusan dan benaran yg hakiki. Begitu mahalkah harganya sehingga mereka lebih memilih kepura2an dan memakai berbagai macam topeng untuk mengelabui lawannya.
Tidak adakah lagi kesejatian diri yg ditampilkan apa adanya,begitu menakutkankah kesejatian itu.
Entahlah,setiap orang pasti punya jawaban dan alasan untuk membenarkan semua tindakannya walaupun mereka sebenarnya tahu dan hati kecil mereka berontak dan mengatakan bahwa salah untuk melakukan itu semua.
Sampai kapan aku kuat mempertahankan diriku yg sejati dan tidak terimbas dengan semua ini. Semoga arusnya tidak terlalu kuat sehingga aku mampu bertahan dengan semua daya upayaku yg tersisa dan tidak berubah menjadi bagian dari mereka.
Someone say that I should stay the same and never change, just the way I am.
by Ke2
LOVe
Today is the day to celebrate LOVE. And I want to write something about LOVE
When we LOVE somebody,everything seem so perfect...so beautiful...nothing less.
That remind me the song :
Kau begitu sempurna dimataku kau begitu indah...or
Coz there is something in the way you look at me...or
I'm everything that I'm because you love me...or
Cause you're amazing Just the way you are
Sometime the way that we look at someone that we love is different than the way we look at someone else.
and this is affect the person we love,they feel special, very special and precious. for us that someone is perfect so adorable, I don't know to describe it but I can take a long exhale to vision the one that I adore.
sometime the true love that we had for someone can make us do almost anything, we can be stronger that the rock.
but....
when all that LOVE fade away or the one that we love most betrayed our love...what we'll happen.
we will find a lot of minus on the person we love...we can't tolerate a small mistake that they have done which is nothing before. we often compare our love one with someone else.
sometime we forget that no bodies perfect anyway...even our self and than why we ask for a perfect spouse if we are not perfect either, that's not fair isn't it?"
being a couple is to complete each other, to cover the imperfection and than become the perfect one and fulfill our live with all the laughter and true happiness.
anyone agree with me ?
bye Ke2
When we LOVE somebody,everything seem so perfect...so beautiful...nothing less.
That remind me the song :
Kau begitu sempurna dimataku kau begitu indah...or
Coz there is something in the way you look at me...or
I'm everything that I'm because you love me...or
Cause you're amazing Just the way you are
Sometime the way that we look at someone that we love is different than the way we look at someone else.
and this is affect the person we love,they feel special, very special and precious. for us that someone is perfect so adorable, I don't know to describe it but I can take a long exhale to vision the one that I adore.
sometime the true love that we had for someone can make us do almost anything, we can be stronger that the rock.
but....
when all that LOVE fade away or the one that we love most betrayed our love...what we'll happen.
we will find a lot of minus on the person we love...we can't tolerate a small mistake that they have done which is nothing before. we often compare our love one with someone else.
sometime we forget that no bodies perfect anyway...even our self and than why we ask for a perfect spouse if we are not perfect either, that's not fair isn't it?"
being a couple is to complete each other, to cover the imperfection and than become the perfect one and fulfill our live with all the laughter and true happiness.
anyone agree with me ?
bye Ke2
GO THE DISTANCE
I have often dreamed, of a far off place
Where a hero’s welcome, would be waiting for me
Where the crowds will cheer, when they see my face
And a voice keeps saying, this is where I’m meant to be
I’ll be there someday, I can go the distance
I will find my way, if I can be strong
I know ev’ry mile, will be worth my while
When I go the distance, I’ll be right where I belong
Down an unknown road, to embrace my fate
Though that road may wander, it will lead me to you
And a thousand years, would be worth the wait
It might take a lifetime, but somehow I’ll see it through
And I won’t look back, I can go the distance
And I’ll stay on track, no, I won’t accept defeat
It’s an uphill slope, but I won’t lose hope
Till I go the distance, and my journey is complete
But to look beyond the glory is the hardest part
For a hero’s strength is measured by his heart
Like a shooting star, I can go the distance
I will search this world, and now will face its’ harms
I don’t care how far,coz I can go the distance
Till I find my hero’s welcome, waiting in your arms
I will search this world,and I will face it’s harms
Until I find my hero’s welcome, waiting in your arms
by Michael Bolton
Should I go the distance to find where I'm belong and meant to be? have you ever felt this way? Stuck to the place that your not belong to and you meant something big to this world but you can do anything at all? Me? Always,until this minute.
I keep searching to unknown road to embrace my fate...I'm still waiting for the journey to be complete.
Inspite off this cruel world that full of insincerity and hypocrite, I'm still trying to find the genuineness of kind heart that full of pure love and affection without expecting any reward of their action.
So should I go the distance to find my self, where I'm belong to and meant to be? Will I find the the place where I suppose to be?
By Ke2
Where a hero’s welcome, would be waiting for me
Where the crowds will cheer, when they see my face
And a voice keeps saying, this is where I’m meant to be
I’ll be there someday, I can go the distance
I will find my way, if I can be strong
I know ev’ry mile, will be worth my while
When I go the distance, I’ll be right where I belong
Down an unknown road, to embrace my fate
Though that road may wander, it will lead me to you
And a thousand years, would be worth the wait
It might take a lifetime, but somehow I’ll see it through
And I won’t look back, I can go the distance
And I’ll stay on track, no, I won’t accept defeat
It’s an uphill slope, but I won’t lose hope
Till I go the distance, and my journey is complete
But to look beyond the glory is the hardest part
For a hero’s strength is measured by his heart
Like a shooting star, I can go the distance
I will search this world, and now will face its’ harms
I don’t care how far,coz I can go the distance
Till I find my hero’s welcome, waiting in your arms
I will search this world,and I will face it’s harms
Until I find my hero’s welcome, waiting in your arms
by Michael Bolton
Should I go the distance to find where I'm belong and meant to be? have you ever felt this way? Stuck to the place that your not belong to and you meant something big to this world but you can do anything at all? Me? Always,until this minute.
I keep searching to unknown road to embrace my fate...I'm still waiting for the journey to be complete.
Inspite off this cruel world that full of insincerity and hypocrite, I'm still trying to find the genuineness of kind heart that full of pure love and affection without expecting any reward of their action.
So should I go the distance to find my self, where I'm belong to and meant to be? Will I find the the place where I suppose to be?
By Ke2
First Time Project Managers Need Failures
If you are a first time project manager, be prepared for some problems along the way. Relax and enjoy the ride. No one will lose respect for you.
If you are the manager of a first timer, give them permission to make mistakes. When they do, make sure that they learn from them and don’t make the same ones again. Coach them about the sources of problems and the meaning of their failures. It’s normal for them to have difficulties, but make sure that you view them as training investments and not as screw-ups. Your job is to ensure that you get the maximum return on investment for the training that mistakes offer.
Becoming a project manager is hard work, but a little failure will help make the transition from individual producer to manager more successful.
@from article by Paul Glen
If you are the manager of a first timer, give them permission to make mistakes. When they do, make sure that they learn from them and don’t make the same ones again. Coach them about the sources of problems and the meaning of their failures. It’s normal for them to have difficulties, but make sure that you view them as training investments and not as screw-ups. Your job is to ensure that you get the maximum return on investment for the training that mistakes offer.
Becoming a project manager is hard work, but a little failure will help make the transition from individual producer to manager more successful.
@from article by Paul Glen
Rabu, 02 Maret 2011
Talk Less aBout DotA
Defense of the Ancients (atau disingkat DotA) adalah sebuah custom map (peta buatan) untuk permainan komputer buatan Blizzard berjudul Warcraft III:Frozen Throne, yang dibuat berdasarkan map "Aeon of Strife" dari permainan Blizzard lainnya, StarCraft. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan "Ancient" musuh, sebuah struktur yang dijaga ketat di pojok kiri bawah atau kanan atas (yang satu untuk sisi sendiri dan yang satu lagi untuk sisi musuh). Kedua sisi yang bertarung adalah The Sentinel (pasukan penjaga) dan The Scourge (pasukan pembinasa). The Sentinel menjaga Ancient bernama Tree of the World (pohon dunia) di pojok kiri bawah, sedangkan The Scourge menjaga Ancient bernama Frozen Throne (tahta yang membeku) di pojok kanan atas.
Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut "hero" (pahlawan), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah—petarung (creep) yang dikontrol oleh AI. Seperti dalam permainan peran (RPG), pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas untuk membeli perlengkapan selama permainan.
Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan World Editor dari permainan Warcraft III: Reign of Chaos, dan diubah dengan dirilisnyaThe Frozen Throne. Terdapat berbagai konsep dasar, dengan yang paling populer adalah DotA Allstars, yang diurus oleh beberapa pembuat map selama pengembangan. Sejak dirilis, Allstars muncul dalam beberapa turnamen dunia, termasuk BlizzCon Blizzard Entertainment dan World Cyber Games Asia, dan juga liga Cyberathlete Amateur dan CyberEvolution.
Perkembangannya
Warcraft III adalah permainan ketiga dalam serial Warcraft yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment. Seperti Warcraft II, Blizzard memasukan "world editor" yang memperbolehkan pemain membuat skenario buatan (custom scenario) atau "map" (peta) untuk permainan, yang dapat dimainkan online dengan pemain lain melalui Local Area Network yang berkoneksi Virtual Private Network ataupun melalui Battle.net. Skenario buatan tersebut dapat berupa pembuatan/perubahan terrain, yang dapat dimainkan seperti permainanWarcraft biasa, atau skenario yang baru dengan tujuan, unit, barang dan peristiwa yang berbeda; Defense of the Ancients adalah salah satunya. Permainan ini dibuat oleh pembuat map (mapmaker) yang bernama Eul. Defense of the Ancients adalah skenario buatan yang berdasarkan skenario dalam permainan StarCraft yang dikenal sebagai "Aeon of Strife",[4] dan lebih dikenal dari variasi DotA lainnya. Setelah dirilisnya versi ekspansi Warcraft III: The Frozen Throne yang menambah beberapa fitur baru dalam World Editor, Eul tidak melanjutkan skenario tersebut. Berbagai jenis DotA dibuat berdasarkan versi awal, tetapi Allstars adalah versi yang menjadikan Defense of the Ancients populer; skenario ini dikembangkan oleh pembuat map dengan nama Guinsoo. Setelah versi 6.x, pembuat map lainnya dengan nama IceFrog mengambil alih pengembangan skenario. IceFrog memperbaiki bug dan menambah fitur-fitur baru. Setiap versi yang dirilis disertai dengan changelog. Permainan ini mendapat dukungan kuat dari komunitas melalui forum resmi. Pengguna dapat memasukan ide hero atau barang baru, beberapa akan ditambah kedalam map. Pemain telah mengontribusikan ikon dan deskripsi hero serta membuat karya seni yang ditampilkan ketika map sedang loading, dan usulan untuk perubahan hero atau benda yang ada ditanggapi dengan serius; IceFrog pernah merubah hero baru dalam waktu kurang dari dua minggu setelah versi baru map dirilis. Versi skenario dimana hero musuh dijalankan oleh artificial intelligences (AI) juga telah dirilis.
D0TA pertama sekali dikembangkan oleh seseorang dengan nickname EUL. EUL menerbitkan DOTA versi 5 dan EUL diteruskan oleh GUINSOO. Oleh GUINSOO dilakukan beberapa perubahan seperti tavern, hero, ability hero, stats hero, Item, serta beberapa modifikasi pada map. Pada masa itu muncul 2 item baru yaitu Guinsoo schyte dan Eul scepter of divinity (sesuai dengan nama pembuat mapnya). Final work dari Guinsoo adalah map DotA versi 5.84b.
Kemudian seorang dari rusia bernama TRUE.RUS mengoptimalisasi Map DotA versi 5.84b dan mengubah versinya menjadi DotA versi5.84c. Selepas DotA versi 5.84c perkembangan DotA terhenti. Tak ada hal yang baru, karena baik GUINSOO maupun TRUE.RUS tidak melanjutkan project mereka.
Kemudian seorang bernama Icefrog muncul dan di tangan Icefrog DOTA terus berkembang hingga versi DotA versi 6.59b.
Permainan
Permainan ini terbagi menjadi 2 kelompok yang saling bertempur, yaitu Sentinel dan Scourge. Pemain tim Sentinel memiliki markas yang terletak di pojok kiri bawah, sementara pemain tim Scourge berbasis di pojok kanan atas map. Masing-masing markas dilindungi oleh tower (menara) dan gelombang unit-unit yang menjaga jalur menuju markas mereka. Di pusat markas kedua tim, terdapat "Ancient", yaitu sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh masing-masing tim. Bila Ancient salah satu tim dihancurkan, maka tim itu dinyatakan kalah dan permainan berakhir.
Setiap pemain mengontrol unit yang disebut Hero, sebuah unit kuat dengan berbagai kemampuan yang unik. Dalam Allstars, total Hero yang dapat dipilih mencapai 103 Hero (untuk dota v 6.70c), dan masing-masing memiliki kemampuan, taktik, kelebihan dan kekurangan yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Kerjasama tim adalah prioritas utama untuk membawa kemenangan; satu pemain yang sendirian sulit untuk membawa tim menang.Meskipun demikian, ada beberapa Hero yang—bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level—dapat mengubah jalannya permainan secara signifikan sendirian.
Defense of the Ancients dapat dimainkan oleh sepuluh pemain dalam bentuk lima lawan lima dan tambahan dua tempat untuk juri dan pengamat. Karena permainan ini bergantung pada memperkuat hero individual, tidak diperlukan manajemen sumber daya dan bangunan seperti dalam permainan bergenre real-time strategy.Membunuh unit yang dikontrol komputer memberikan pemain experience points; jika experience cukup, pemain dapat mendapatkan level. Naik level menambah ketangguhan hero dan besar damage yang dapat diberikan, dan memperbolehkan pemain meningkatkan kemampuan mereka. Selain mendapat experience, pemain juga mendapatkan sebuah sumber daya: emas. Cara pengumpulan sumber daya dalam Warcraft III diganti dengan sistem mendapatkan uang melalui membunuh musuh. Hero mendapatkan emas dengan membunuh unit, bangunan dan hero musuh.Dengan menggunakan emas, pemain dapat membeli barang untuk memperkuat hero mereka dan mendapatkan kemampuan.
Beberapa barang dapat digabungkan dengan resep untuk membuat barang yang lebih kuat. Membeli barang yang cocok untuk suatu hero adalah taktik yang penting dalam permainan ini.
Allstars menawarkan berbagai jenis permainan yang dapat dipilih oleh host (pembuat) permainan pada awal permainan. Jenis permainan menentukan tingkat kesulitan skenario. Jenis-jenis permainan dapat digabungkan (misalnya, tingkat kesulitan mudah dan pemilihan hero yang acak), sehingga menampilkan lebih banyak pilihan.
Popularitas Defense of the Ancients terus meningkat. Permainan ini ditampilkan oleh Computer Gaming World dalam penilaian map baru permainan Warcraft III, dan disebut "the ultimate RTS". Allstars menjadi skenario permainan yang penting dalam turnamen, saat setelah debut kemunculannya di konvensi Blizzards BlizzCon tahun 2005.[15] Allstars juga muncul dalam World Cyber Games Malaysia dan Singapuradimulai tahun 2005, dan World Cyber Games Asia dimulai dari 2006. DotA Allstars kini juga masuk dalam liga Cyberathlete Amateur dan liga CyberEvolution. Permainan ini juga muncul dalam Electronic Sports World Cup (ESWC) 2008; Oliver Paradis, manajer kompetisi ESWC, menyatakan bahwa tingkat dukungan komunitas, dan juga pengakuan dunia, adalah alasan mengapa DotA dipilih.
Skenario ini populer di berbagai belahan dunia; di Filipina dan Thailand, jumlah pemain permainan ini sebanyak permainan Counter-Strike.Permainan ini juga populer di Swedia dan negara-negara Eropa Utara lainnya, dimana lagu yang terinspirasi dari permainan ini, "Vi sitter i Ventrilo och spelar DotA" oleh musisi Swedia Basshunter, mencapai puncak tangga lagu Eropa 2006 pada posisi #116 dan masuk kedalam sepuluh besar tangga lagu di Swedia, Norwegia,[24] dan Finlandia.[25] Turnamen LAN adalah bagian utama dari permainan ini di seluruh dunia,[21] termasuk turnamen di Swedia dan Rusia; namun, karena sedikitnya turnamen dan kejuaraan LAN di Amerika Utara, beberapa tim telah membubarkan diri.[22] Blizzard menunjuk DotA sebagai contoh apa yang dapat dibuat oleh pembuat map yang berdedikasi menggunakan alat buatan pengembang.
Pada Juni 2008, Michael Walbridge, menulis untuk Gamasutra, menyatakan bahwa DotA "adalah permainan mod yang paling terkenal, didiskusikan secara bebas di dunia sebagai non-supported game.". Dengan menunjuk pada komunitas DotA yang dibentuk, Walbridge menyatakan bahwa DotA memperlihatkan permainan itu lebih mudah bagi komunitas permainan untuk diurus, dan merupakan salah satu kekuatan terbesar map ini. Defense of the Ancients juga mempengaruhi permainan Demigod yang dikembangkan oleh Gas Powered Games.[27][28]
Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut "hero" (pahlawan), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah—petarung (creep) yang dikontrol oleh AI. Seperti dalam permainan peran (RPG), pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas untuk membeli perlengkapan selama permainan.
Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan World Editor dari permainan Warcraft III: Reign of Chaos, dan diubah dengan dirilisnyaThe Frozen Throne. Terdapat berbagai konsep dasar, dengan yang paling populer adalah DotA Allstars, yang diurus oleh beberapa pembuat map selama pengembangan. Sejak dirilis, Allstars muncul dalam beberapa turnamen dunia, termasuk BlizzCon Blizzard Entertainment dan World Cyber Games Asia, dan juga liga Cyberathlete Amateur dan CyberEvolution.
Perkembangannya
Warcraft III adalah permainan ketiga dalam serial Warcraft yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment. Seperti Warcraft II, Blizzard memasukan "world editor" yang memperbolehkan pemain membuat skenario buatan (custom scenario) atau "map" (peta) untuk permainan, yang dapat dimainkan online dengan pemain lain melalui Local Area Network yang berkoneksi Virtual Private Network ataupun melalui Battle.net. Skenario buatan tersebut dapat berupa pembuatan/perubahan terrain, yang dapat dimainkan seperti permainanWarcraft biasa, atau skenario yang baru dengan tujuan, unit, barang dan peristiwa yang berbeda; Defense of the Ancients adalah salah satunya. Permainan ini dibuat oleh pembuat map (mapmaker) yang bernama Eul. Defense of the Ancients adalah skenario buatan yang berdasarkan skenario dalam permainan StarCraft yang dikenal sebagai "Aeon of Strife",[4] dan lebih dikenal dari variasi DotA lainnya. Setelah dirilisnya versi ekspansi Warcraft III: The Frozen Throne yang menambah beberapa fitur baru dalam World Editor, Eul tidak melanjutkan skenario tersebut. Berbagai jenis DotA dibuat berdasarkan versi awal, tetapi Allstars adalah versi yang menjadikan Defense of the Ancients populer; skenario ini dikembangkan oleh pembuat map dengan nama Guinsoo. Setelah versi 6.x, pembuat map lainnya dengan nama IceFrog mengambil alih pengembangan skenario. IceFrog memperbaiki bug dan menambah fitur-fitur baru. Setiap versi yang dirilis disertai dengan changelog. Permainan ini mendapat dukungan kuat dari komunitas melalui forum resmi. Pengguna dapat memasukan ide hero atau barang baru, beberapa akan ditambah kedalam map. Pemain telah mengontribusikan ikon dan deskripsi hero serta membuat karya seni yang ditampilkan ketika map sedang loading, dan usulan untuk perubahan hero atau benda yang ada ditanggapi dengan serius; IceFrog pernah merubah hero baru dalam waktu kurang dari dua minggu setelah versi baru map dirilis. Versi skenario dimana hero musuh dijalankan oleh artificial intelligences (AI) juga telah dirilis.
D0TA pertama sekali dikembangkan oleh seseorang dengan nickname EUL. EUL menerbitkan DOTA versi 5 dan EUL diteruskan oleh GUINSOO. Oleh GUINSOO dilakukan beberapa perubahan seperti tavern, hero, ability hero, stats hero, Item, serta beberapa modifikasi pada map. Pada masa itu muncul 2 item baru yaitu Guinsoo schyte dan Eul scepter of divinity (sesuai dengan nama pembuat mapnya). Final work dari Guinsoo adalah map DotA versi 5.84b.
Kemudian seorang dari rusia bernama TRUE.RUS mengoptimalisasi Map DotA versi 5.84b dan mengubah versinya menjadi DotA versi5.84c. Selepas DotA versi 5.84c perkembangan DotA terhenti. Tak ada hal yang baru, karena baik GUINSOO maupun TRUE.RUS tidak melanjutkan project mereka.
Kemudian seorang bernama Icefrog muncul dan di tangan Icefrog DOTA terus berkembang hingga versi DotA versi 6.59b.
Permainan
Permainan ini terbagi menjadi 2 kelompok yang saling bertempur, yaitu Sentinel dan Scourge. Pemain tim Sentinel memiliki markas yang terletak di pojok kiri bawah, sementara pemain tim Scourge berbasis di pojok kanan atas map. Masing-masing markas dilindungi oleh tower (menara) dan gelombang unit-unit yang menjaga jalur menuju markas mereka. Di pusat markas kedua tim, terdapat "Ancient", yaitu sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh masing-masing tim. Bila Ancient salah satu tim dihancurkan, maka tim itu dinyatakan kalah dan permainan berakhir.
Setiap pemain mengontrol unit yang disebut Hero, sebuah unit kuat dengan berbagai kemampuan yang unik. Dalam Allstars, total Hero yang dapat dipilih mencapai 103 Hero (untuk dota v 6.70c), dan masing-masing memiliki kemampuan, taktik, kelebihan dan kekurangan yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Kerjasama tim adalah prioritas utama untuk membawa kemenangan; satu pemain yang sendirian sulit untuk membawa tim menang.Meskipun demikian, ada beberapa Hero yang—bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level—dapat mengubah jalannya permainan secara signifikan sendirian.
Defense of the Ancients dapat dimainkan oleh sepuluh pemain dalam bentuk lima lawan lima dan tambahan dua tempat untuk juri dan pengamat. Karena permainan ini bergantung pada memperkuat hero individual, tidak diperlukan manajemen sumber daya dan bangunan seperti dalam permainan bergenre real-time strategy.Membunuh unit yang dikontrol komputer memberikan pemain experience points; jika experience cukup, pemain dapat mendapatkan level. Naik level menambah ketangguhan hero dan besar damage yang dapat diberikan, dan memperbolehkan pemain meningkatkan kemampuan mereka. Selain mendapat experience, pemain juga mendapatkan sebuah sumber daya: emas. Cara pengumpulan sumber daya dalam Warcraft III diganti dengan sistem mendapatkan uang melalui membunuh musuh. Hero mendapatkan emas dengan membunuh unit, bangunan dan hero musuh.Dengan menggunakan emas, pemain dapat membeli barang untuk memperkuat hero mereka dan mendapatkan kemampuan.
Beberapa barang dapat digabungkan dengan resep untuk membuat barang yang lebih kuat. Membeli barang yang cocok untuk suatu hero adalah taktik yang penting dalam permainan ini.
Allstars menawarkan berbagai jenis permainan yang dapat dipilih oleh host (pembuat) permainan pada awal permainan. Jenis permainan menentukan tingkat kesulitan skenario. Jenis-jenis permainan dapat digabungkan (misalnya, tingkat kesulitan mudah dan pemilihan hero yang acak), sehingga menampilkan lebih banyak pilihan.
Popularitas Defense of the Ancients terus meningkat. Permainan ini ditampilkan oleh Computer Gaming World dalam penilaian map baru permainan Warcraft III, dan disebut "the ultimate RTS". Allstars menjadi skenario permainan yang penting dalam turnamen, saat setelah debut kemunculannya di konvensi Blizzards BlizzCon tahun 2005.[15] Allstars juga muncul dalam World Cyber Games Malaysia dan Singapuradimulai tahun 2005, dan World Cyber Games Asia dimulai dari 2006. DotA Allstars kini juga masuk dalam liga Cyberathlete Amateur dan liga CyberEvolution. Permainan ini juga muncul dalam Electronic Sports World Cup (ESWC) 2008; Oliver Paradis, manajer kompetisi ESWC, menyatakan bahwa tingkat dukungan komunitas, dan juga pengakuan dunia, adalah alasan mengapa DotA dipilih.
Skenario ini populer di berbagai belahan dunia; di Filipina dan Thailand, jumlah pemain permainan ini sebanyak permainan Counter-Strike.Permainan ini juga populer di Swedia dan negara-negara Eropa Utara lainnya, dimana lagu yang terinspirasi dari permainan ini, "Vi sitter i Ventrilo och spelar DotA" oleh musisi Swedia Basshunter, mencapai puncak tangga lagu Eropa 2006 pada posisi #116 dan masuk kedalam sepuluh besar tangga lagu di Swedia, Norwegia,[24] dan Finlandia.[25] Turnamen LAN adalah bagian utama dari permainan ini di seluruh dunia,[21] termasuk turnamen di Swedia dan Rusia; namun, karena sedikitnya turnamen dan kejuaraan LAN di Amerika Utara, beberapa tim telah membubarkan diri.[22] Blizzard menunjuk DotA sebagai contoh apa yang dapat dibuat oleh pembuat map yang berdedikasi menggunakan alat buatan pengembang.
Pada Juni 2008, Michael Walbridge, menulis untuk Gamasutra, menyatakan bahwa DotA "adalah permainan mod yang paling terkenal, didiskusikan secara bebas di dunia sebagai non-supported game.". Dengan menunjuk pada komunitas DotA yang dibentuk, Walbridge menyatakan bahwa DotA memperlihatkan permainan itu lebih mudah bagi komunitas permainan untuk diurus, dan merupakan salah satu kekuatan terbesar map ini. Defense of the Ancients juga mempengaruhi permainan Demigod yang dikembangkan oleh Gas Powered Games.[27][28]
Langganan:
Postingan (Atom)